Sekilas Tentang STMIK WICIDA Samarinda

images

Sejarah

Perkembangan penggunaan komputer saat ini semakin luas. Teknologi komputer yang merupakan teknologi masa depan, semakin berkembang sehingga penggunaannya sudah memasuki segala bidang usaha, instansi pemerintah, swasta bahkan sudah memasuki rumah tangga. Penggunaan perangkat dengan teknologi canggih ini memerlukan tenaga-tenaga dengan keahlian khusus serta terampil dan profesional.
Kalimantan Timur yang merupakan kawasan industri dimasa depan, pasti tidak dapat melepaskan diri dari ketergantungan dan keperluan akan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dan terampil dalam menggunakan peralatan-peralatan mutakhir yang dikendalikan dengan sistem komputer.
Menyadari permasalahan tersebut di atas serta merasa terpanggil untuk ikut serta berpartisipasi aktif dalam penyiapan dan pengadaan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dengan dasar pengetahuan manajemen dan ilmu komputer yang memadai, Yayasan Widya Cipta Dharma Samarinda mendirikan Akademi Manajemen Informatika dan Komputer (AMIK) dengan status terdaftar untuk program Diploma Tiga (D3), Jurusan Manajemen Informatika (MI), serta Short Course satu tahun untuk program studi Perbankan dan Akuntansi. Untuk pertama kali sebagai pengelola akademik ialah:
Direktur : Prof. Ir. H. Rachmad Hernadi, M.Sc.
Pembantu Direktur I : Drs. Djoko Setyadi, M.Sc.
Pembantu Direktur II : Drs. A. Husainie Syahranie, M.Com.
Pembantu Direktur III : Drs. H. Mulyadi Sy.P., MBA.
Kuliah pertama diikuti oleh 350 orang mahasiswa. Kegiatan kuliah ini sementara menggunakan Gedung SMA Widya Praja, Jl. Langsat Samarinda, sedangkan untuk praktek laboratorium dilaksanakan di dua tempat, yaitu di Lab. Komputer ALTEDCOM, Jl. Diponegoro no. 7 dan Lab. Komputer AEC COMPUTER, Jl. Dr. Sutomo Samarinda.
Waktu berjalan terus dan penyempurnaan terus berlangsung. Kelancaran proses belajar mengajar di AMIK akan terjamin bila memiliki kampus sendiri. Dan alhamdulillah, sebagai penyelenggara, Yayasan Widya Cipta Dharma telah berhasil membangun gedung untuk kegiatan akademik di Jl. M. Yamin no. 14, Samarinda. Dengan demikian, AMIK telah memiliki kampus sendiri dan sejak pertengahan tahun kedua, kegiatan kuliah dan praktek laboratorium telah menggunakan gedung sendiri di kampus tersebut.
Disamping itu kelengkapan akademik juga disempurnakan dengan mendatangkan dosen-dosen yang berkeahlian komputer, melengkapi perpustakaan dengan buku-buku komputer serta melengkapi dan meningkatkan kualitas laboratorium komputer sehingga telah diperolehnya verifikasi dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya ( ITS ).
Jenjang studipun berubah/bertambah. Sejak tahun akademik 1993/1994 Short Course satu tahun untuk program studi Perbankan dan Akuntansi diganti dengan program Diploma Satu (D1) jurusan Manajemen Informatika dan program Diploma Dua (D2) jurusan Manajemen Informatika. Keduanya berstatus terdaftar. Pada tahun akademik 1995/1996 dibuka program Strata Satu (S1) jurusan Manajemen Informatika (MI). Peningkatan status akademik menjadi sekolah tinggi, yaitu AMIK menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 05/D/O/1995 dan telah diresmikan oleh Bapak Wakil Gubernur Kalimantan Timur, Bapak Suwarna A.F., pada tanggal 30 Maret 1995.
Pada tanggal 5 Januari 1996, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, mengeluarkan SK No. 09/DIKTI/KEP/1995 tentang pemberian status terdaftar kepada jurusan Teknik Informatika program studi Teknik Informatika untuk jenjang studi Strata Satu (S1). Dengan demikian pada perkembangannya STMIK Widya Cipta Dharma memiliki dua jurusan, yaitu Teknik Informatika (TI) untuk jenjang S1 dan Manajemen Informatika (MI) untuk jenjang D1, D2, D3 dan S1.
Dalam upaya untuk menyempurnakan lembaga dan sejalan dengan usaha antisipasi menghadapi era perdagangan bebas yang akan datang, pada tanggal 19 Pebruari 1997 telah dilaksanakan penandatanganan Piagam Kerjasama antara Universitas Gunadarma dengan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Cipta Dharma di Auditorium Universitas Gunadarma, Jakarta.Ikut serta menandatangani piagam kerjasama tersebut ialah Koordinator Kopertis Wilayah III ( Prof. dr. Arjatmo Tjokronegoro, Ph.D ), Koordinator Kopertis Wilayah XI ( Prof. H. Masrani Basri, SE ) dan Direktur Perguruan Tinggi Swasta ( Prof. Ir. Joetata Hadihardaja ). Penandatanganan ini disaksikan pula oleh Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Kalimantan Timur, yang diwakili oleh Asisten III, Bapak Drs. H. A. Waris Husain.
Penyesuaian kurikulum terus dilakukan pada tingkat pusat di Departemen Pendidikan Nasional. Melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional RI tahun 1999 terjadi perubahan kurikulum untuk program studi S1 Manajemen Informatika. Dengan perubahan ini maka nama program studi S1 Manajemen Informatika berubah menjadi S1 Sistem Informasi disingkat SI. Sedangkan program studi Manajemen Informatika jenjang diploma satu, dua dan tiga serta S1 Teknik Informatika tidak terjadi perubahan atau tetap mengacu pada kurikulum lama.
Peningkatan kualitas lembaga terus dilakukan. Pada tanggal 26 Juni 2000 bertempat di kampus STMIK Widya Cipta Dharma Dian Nuswantoro Semarang, telah dilakukan penandatanganan kerjasama antara Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Dian Nuswantoro Semarang dengan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Widya Cipta Dharma.
Pembentukan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) merupakan usaha pemerintah menjawab perkembangan masyarakat dewasa ini yang menuntut Penilaian Perguruan Tinggi dilaksanakan lebih efisien dan efektif. Alhamdulillah sebagai Rahmat Tuhan di tahun millenium yang patut kita syukuri, terbit SK dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi bernomor 008/BAN-PT/Ak.IV/2000 tentang status terakreditasi untuk program studi S1 Sistem Informasi (dahulu S1 Manajemen Informatika) dan S1 Teknik Informatika. Dengan berlakunya surat keputusan ini maka pelaksanaan proses belajar mengajar pada dua program studi tersebut berjalan secara mandiri, artinya mulai dari pelaksanaan kuliah, ujian dan sampai pada kelulusan mahasiswa dilaksanakan sendiri oleh STMIK Widya Cipta Dharma. Implikasi yang lebih konkret dari status akreditasi ini adalah tidak dilaksanakannya lagi ujian negara cicilan (UNC) dari Kopertis.
Sejumlah nama yang tergabung dalam TIM BORANG turut berjasa bagi kelahiran status terakreditasi ini diantaranya : Dr. H. Istyantho, Sp. OG, Prof. DR. Ristono, MS, H. Tommy Bustomi, S.Kom. H.A. Gaffar, Asn, SE, Ir. Fahrul Agus, MT., Ita A. Bustomi, S.Kom. Drs. Azahari Lathyf, Awang Harsa K, S.Kom, Ambrilsyah Noor., S.Kom dan Martono, S.Kom.
Setelah jenjang S1 terakreditasi, menyusul jenjang Diploma tiga (D3) Terakreditasi. Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan YME, berdasarkan surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi bernomor 001/BAN-PT/Ak-I/Dpl/III/2002, program Diploma Tiga (D3) jurusan Manajemen Informatika (MI) Terakreditasi B (yang berlaku 5 tahun). Dengan demikian, semua jenjang terakreditasi (D3-MI, S1-SI dan S1 TI).
Kementerian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia pada tanggal 26 Agustus 2003 telah menunjuk STMIK Widya Cipta Dharma sebagai Center Of Excellence (Pusat Studi Unggulan) di Kalimantan Timur. Dan pada tanggal 9 Juli 2004 bertempat di Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas Indonesia Jakarta telah ditandatangani perjanjian kerjasama antara Universitas Indonesia dan STMIK Widya Cipta Dharma dalam pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
Makin mantaplah STMIK Widya Cipta Dharma melangkah kedepan. Mudah-mudahan melalui motto “STMIK Widya Cipta Dharma Mencetak Generasi Unggul” lembaga ini dapat meningkatkan kualitas SDM di bidang teknologi informasi bagi masyarakat Kalimantan Timur khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya.

Visi

Menghasilkan sumber daya manusia yang handal dan tangguh di bidang informatika dan Komputer,berkemampuan IPTEK serta menjadi salah satu Perguruan Tinggi Komputer Terbaik, Di kawasan Timur Indonesia.

Misi

Menciptakan dan menerapkan sistem pengembangan kualitas sumber daya manusia yang mampu menangani masalah Konseptual dan aplikasi serta mengembangkan IPTEK.
Sumber : http://stmikwicidasamarinda.blogspot.com

Jurusan

S1 – TEKNIK INFORMATIKA

S1 – Sistem Informasi

D3 – Manajement Informatika

Fasilitas Kampus

1. Gedung milik sendiri
2. Laboratorium Komputer Representatif
- Lab. Aplikasi
- Lab. Pemrograman
- Lab. Multimedia/Linux
3. Laboratorium Bahasa
4. Hot Spot WIFI Internet
5. Perpustakaan Komputer Lengkap
6. Ruang Kuliah Luas
7. Ruang Kelas Dilengkapi OHP/LCD Proyektor
8. Ruang Kantor Kondusif Untuk Pelayanan
9. Ruang Seminar Kondusif Bagi Mahasiswa
10. Area Parkir Memadai
11. Sarana Ibadah Baik
12. Genset 130kVA

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s