Linux

Dekstop environment

Desktop environment adalah tampilan grafis antarmuka pengguna (Graphical User Interface (GUI)) yang didesain untuk mempermudah user dalam mengakses dan menggunakan (konfigurasi dan modifikasi) fitur-fitur dalam sebuah paket sistem operasi. Akan tetapi hal ini (penggunaan GUI) bukan berarti user dapat mengakses semua fitur dalam sebuah sistem operasi dimana penggunaan baris perintah (command line) masih harus digunakan ketika user ingin mengakses secara mutlak sebuah sistem operasi (full access).

Pada komputer, sebuah Desktop Environtment umumnya merujuk ke gaya grafis antarmuka pengguna (GUI=Graphical User Interface) yang mememperlihatkan kiasan meja kerja di layar komputer modern.Lingkungan meja adalah alternatif yang paling populer sebagai pengganti antarmuka baris perintah (command line interface) (CLI) yang saat ini umumnya digunakan terbatas oleh para pakar komputer

Desktop environtment terdiri dari icons, windows, toolbar, folders, wallpapers, shortcut, dan desktop widgetstidak hanya itu Desktop environtment juga memiliki akses drag and drop dan fungsi lainnya yang membuat sebuah desktop environment menjadi lebih interaktif.

KDE
KDE merupakan singkatan dari K Desktop Environment. Huruf K dipilih karena abjad sebelum huruf L yang merujuk pada nama Linux. KDE tampilannya lumayan mirip windows and lengkap lagi. Karena kelengkapannya banyak yang ngira KDE tuh OS(operating system), padahal sih cuman DE alias buat tampilan grafis aja. Pokoknya bagus deh, soalnya w juga pake.

GNOME
GNOME kepanjangan dari GNU Network Object Model Environment. Dibangun dengan GTK+ GUI toolkit. Gnome cukup populer dan banyak dipakai di banyak operating sistem varian UNIX. Ciri- cirinya ada dua taskbar diatas sama dibawah layar. GNOME sebagai upaya atau alternatif agar pasar aplikasi desktop tidak di pegang oleh 1 vendor.

XFCE
Kepanjangannya adalah XForms Common Environment. DE satu ini punya kelebihan ga ngabisin memori dan cepet di komputer lambat, cuman tampilannya itu, kurang enak diliat. XFCE kayaknya cuman DE alternatif selain KDE and Gnome.

IceWM

DE ini juga alternatif selain KDE and Gnome. Namanya aja alternatif, ampilannya juga kurang sedep dimata, ya kalau komputer sampean ga kuat jalanin KDE and Gnome, terpaksa pake yang satu ini.

LXDE

Lightweight X11 Desktop Environment, adalah sebuah lingkungan desktop yang ringan dan cepat. LXDE dirancang agar ramah bagi pengguna dan desainnya ramping, ini untu menjaga agar penggunaan sumber daya tetap rendah. LXDE menggunakan RAM dan CPU berkemampuan rendah namun tetap kaya fitur sistem operasi. Karena penggunaan sumber daya yang rendah inilah yang membuat LXDE hemat energi. Kami tidak mengintegrasikan setiap komponen LXDE sepenuhnya. Sebaliknya, kami mencoba membuat agar semua komponen bebas, sehingga setiap komponen daapt digunakan secara bebas dengan sedikit ketergantungan. Hal ini membuat porting LXDE ke distribusi Linux dan sistem Unix yang berbeda lebih mudah.

 

Repository merupakan tempat penyimpanan ratusan aplikasi atau program yang telah diatur sedemikian rupa dan tersedia untuk dapat diakses melalui internet. Namun, repository tidak hanya dapat diakses melalui internet saja tetapi kita juga dapat menggunakan alternatif repository lewat distribusi pada media lain seperti DVD yang tentunya sangat membantu sekali buat kita yang tidak memliki koneksi internet yang cepat.

Langkah – langkah mengganti file repository

  • Masuk ke terminal dan tuliskan perintah berikut :

 $ sudo su (perintah ini agar kita bisa diizinkan untuk mengubah sistem yang ada dalam Linux Ubuntu versi 11.10 sehingga kita bisa    masuk ke  terminal sebagai user root)

  • Buka file Source.list dengan text-editor, contoh dengan gedit  :

# gedit /etc/apt/source.list (Perintah tersebut membuka file source list yang terdapat pada etc/apt. Source list berisi daftar-daftar alamat untuk mendownload aplikasi, dll.)

  • Mengganti Repository dengan hapus semua isinya.

deb http://singo.ub.ac.id/ubuntu oneiric main restricted universe multiverse

deb http://singo.ub.ac.id/ubuntu oneiric-updates main restricted universe multiverse

deb http://singo.ub.ac.id/ubuntu oneiric-security main restricted universe multiverse

deb http://singo.ub.ac.id/ubuntu oneiric-backports main restricted universe multiverse

deb http://singo.ub.ac.id/ubuntu oneiric-proposed main restricted universe multiverse

Konfigurasi di atas terdapat pada penggunaan Linux Ubuntu versi 11.10 yang terdapat pada alamat http://singo.ub.ac.id

  • Save dan Exit, Setelah itu Update cache source listnya dengan perintah berikut :

# apt-get update

  • Atau kita bisa melakukan update melalui Ubuntu Sofware Center.
  • INSTALASI PACKAGE LINUX PADA UBUNTU

Intalasi paket di sistem operasi Ubuntu dapat dilakukan dengan dua cara antara lain yaitu :

1. Install Dari Terminal

Menginstall paket software melalui terminal a nda bisa menggunakan apt-get. Buka terminal melalui menu Application >> Accessories >> Terminal atau tekan tombol Ctrl + Alt + T. Setelah itu jalankan perintah seperti berikut :

$ sudo apt-get install (namapaket)

  • Silahkan ganti nama paket sesuai dengan nama paket yang ingin anda install. Misalnya anda ingin meginstall VLC Player melalui terminal. Maka perintahnya
  • seperti berikut :

$ sudo apt-get install vlc

2. Install Dari File *.deb

Menginstall paket .deb bisa dilakukan dengan dua cara yaitu menggunakan GUI (Graphic User Interface) dan menggunakan CLI (Command Line Interface).
Cara menginstall menggunkan GUI (Graphic User Interface), kita tinggal klik 2 kali pada file yang mau di install. Secara otomatis anda akan dibawah ke Ubuntu Software Center. Setelah itu tinggal klik tombol install.
Cara menginstall melalui CLI (Command Line Intarface) atau Terminal, yaitu menggunakan perintah “$ sudo dpkg -i nama file.deb”. Buka terlebih dahulu terminal dengan menekan tombol Ctrl + Alt + T. Setelah itu masuk ke directory dimana file yang mau di install di simpan dengan mennggunakan perintah “cd”. Misalnya, anda menyimpan filenya di directory Downloads. Maka terlebih dahulu, anda masuk ke directory Download dengan menjalankan perintah “$ cd Downloads”.Setelah anda berada diposisi seperti gambar diatas, berarti anda sudah berada di directory Downloads. Selanjutnya ketik “ls” untuk menampilkan isi dari directory Downloads.

Sumber : http://blog.ub.ac.id

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s